Workshop Audit Mutu Internal (AMI)

Lembaga Penjaminan Mutu Internal Universitas Panca Marga Probolinggo berkesempatan menyelenggarakan workshop Audit Mutu Internal. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 13-14 September 2019. Jajaran Rektorat Universitas Panca Marga Probolinggo berkesempatan untuk hadir dalam acara pembukaan.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Panca Marga Probolinggo. Secara langsung beliau menghendaki agar peningkatan mutu menjadi budaya di lingkungan Universitas Panca Marga Probolinggo.

Setelah sambutan, acara diisi langsung oleh kegiatan yang mana Ketua LPMI Bu Dr Trismawati, M.T. menjadi narasumbernya. Beliau menyampaikan intisari dari kegiatan audit mutu internal yang menjadi dasar pengetahuan bagi seluruh gugus kendali mutu di tingkat fakultas untuk melakukan audit internal secara periodik.

Acara pada hari ini diikuti oleh sejumlah peserta gugus kendali mutu di tingkat fakultas terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan ILmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik dan Fakultas Sastra. Harapannya kegiatan ini dapat mengawali budaya mutu di tingkat fakultas di lingkungan Universitas Panca Marga Probolinggo.

Acara pada hari kedua dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2019. Acara ini berisi rangkaian kegiatan pelatihan dan simulasi praktik audit mutu internal. adapun pelaksanaan audit dilakukan secara silang lintas fakultas. Di akhir acara, para peserta yang terdiri atas gugus kendali mutu internal diingatkan akan tugas menjadi ujung tombak mutu dan peningkatan mutu.

Hasil dari audit silang secara periodik akan digunakan sebagai fundamen dasar untuk membenahi, mengevaluasi dan memperbaiki dokumen sistem penjaminan mutu internal di tingkat universitas. Untuk itu, perlu kesadaran dan kerjasama yang kooperatif dan harmonis antara seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari tingkat program studi, fakultas dan rektorat bahwa audit mutu internal tidak ditujukan untuk mencari kesalahan.

Sebaliknya, audit mutu internal merupakan kendali kontrol yang digunakan untuk merekam ketidaksesuaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan SN Dikti sesuai dengan dasar hukum yang berlaku. Ke depannya, kegiatan audit seperti ini merupakan pondasi dasar untuk mempersiapkan diri terkait kelengkapan bukti fisik dan tata kelola yang baik menuju akreditasi institusi pada 2020 nanti.

Berikut adalah hasil dokumentasi dari kegiatan tersebut seperti yang dikumpulkan oleh anggota LPMI:

Foto Kolektif Seluruh Peserta Workshop AMI 2019

Dokumentasi pada hari pertama pelaksanakan Workshop AMI 2019

Simulasi Praktik Audit Mutu Internal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

 

 

Simulasi Praktik Audit Mutu Internal Fakultas Ekonomi

Simulasi Praktik Audit Mutu Internal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Simulasi Praktik Audit Mutu Internal Fakultas Teknik

Simulasi Praktik Audit Mutu Internal Fakultas Hukum

(RCP/HMK/ABT)